Wisata Alam dan Religi di Pulau Panjang

Taraaa!! Ketemu lagi dengan Nuha sang traveler wannabe. huahahahahaaa X)

Sebenernya ini post udah ada sejak 6 Nov 13. tapi ya gara2 males sama nggak sempet juga, yaudah masuk ke draft aja dan baru hari ini gue post nya hahaha

Nah, gue mau cerita nih tentang libur sehari buat memperingati Tahun Baru Hijriyah, dengan mengunjungi 3 kota sekaligus!  Demak – Kudus – Jepara. Dung trek tek tek dung tess! Padahal sehari sebelumnya gue abis outbond acara sekolah yang lumayan menguras tenaga gara-gara harus bolak balik kesana kemari. Buat penyembuh luka, makanya jalan-jalan adalah tempat pelarianku.. #halaaahh.  itung2 ini juga refreshing gitu. jarang refresing, apalagi udah kelas tiga :( *curcol*

Tapi di postingan ini gue mau nyeritain aja tentang perjalanan gue pas ke Jepara. lebih tepatnya di Pulau Panjang yang subhanallah cetar badai membahanaa~

CEKIDOT!

For Your Information aja, Pulau Panjang Jepara adalah sebuah pulau kecil yang luasnya sekitar 19 hektar yang terletak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini. Tau pantai Kartini kan? yang terkenal di Jepara itu lho. Googling!  Untuk transportasi kesana kita cuma bisa nyewa perahu wisata yang ada di dermaga Pantai Kartini. harganya murah terjangkau cuma 15 ribu. itu udah bolak balik. pas banget buat pelajar :p

Perahu-perahu wisata yang siap mengantarkan pengunjung ke Pulau Sepanjang
Perahu-perahu wisata yang siap mengantarkan pengunjung ke Pulau Panjang

Perjalanannya juga nggak terlalu lama, kurang lebih sekitar 15 menit kalo dari Pantai Kartini. Di perjalanan kita bisa menikmati pemandangan Pantai Kartini dan “Kura-Kura Raksasa” dari laut. Ombak disana juga nggak seganas pantai selatan, soalnya Jepara itu nggak ada Nyi Roro nya (?)

"Kura-kura raksasa" Ocean Park
“Kura-kura raksasa” Ocean Park

Buat nambah info aja, “Kura-kura raksasa” ini bukan kura-kura jelmaan yang dikutuk oleh dewa lho ya. Ini “Kura-kura” adalah sebuah taman rekreasi yang sekarang jadi icon andalan Kabupaten Demak. Nama aslinya adalah Ocean Park. Wahana rekreasi keluarga yang disana ada akuarium ikan sama penyu, ada juga spa fish, dll..

Here we go!
Here we go!

Sambil menikmati angin yang berhembus, Kita bisa foto-foto, sayang banget buat dilewatkan. Tapi ati-ati ya kameranya basah gara-gara kecipratan ombak. hoho..

Dari kejauhan kita udah bisa melihat Pantai Panjang. Seperti namanya, pulau ini terlihat memanjang. Nggak sabar pengen cepet sampe. hoshh

Kalo udah sampe perahu akan diberhentiin di dermaga. Dermaganya bagus buat foto-foto. Dari kayu. Tapi itu lagi proses dibangun dermaga dari beton. wooh..

Dermaga
Dermaga Pulau Panjang. maap gak keliatan :p

Setelah di dermaga, kita disambut sama tulisan SELAMAT DATANG DI PULAU PANJANG. ya… pulau ini kayaknya lagi proses pengembangan deh. Pas gue dateng kesono lagi pembangunan gazebo-gazebo gitu di pinggir pulau. Pasti keren dah kalo udah jadi. Pan kapan kesini lagi ahhh~

Pulau panjang ini dikelilingi oleh pasir putih lembut. Trus airnya juga dangkal, jadi kalo main air nggak perlu takut basah kuyup. Udah gitu disitu airnya nggak berarus. Pas banget buat snorkling.

Di sepanjang pulau ini dikelilingi pohon-pohon bakau. Pulau ini termasuk hutan tropis lho. Keren ya, di pulau kecil, ada hutan. WOOOOW!

Pantainya berpasir putih..

Gue abis itu jalan-jalan ngelilingi ini pulau *nggak ding, cuma setengah pulau doang lebih tepatnya. jauh jalannya :|*  Alhamdulillah, disini udah dibangun jalur tracking buat jalan gitu. Coba kalo nggak ada, mungkin sepatu kita udah bolong2 gara kena akar bebatuan yang menghadang hahahahahalah

Pas gue asik jalan-jalan, kaki gue berhenti di depan sebuah tugu or prasasti ato apalah. Pokoknya isinya semacem surat wasiat  yang dibikin sama Juru Kunci ini pulau. Wah.. kok horor .__.

...

Setelah mbaca dan moto ini tugu, gue nglanjutin jalan lagi ke arah barat ternyata disitu juga ada makam Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawiy, seorang ulama disana. Katanya kalo setiap bulan Muharram bakal banyak banget peziarah yang kesana. Pasti sumpek banget dah..

Nggak jauh dari sana ada sebuah mata air yang disebut Air Barokah. Kata orang-orang air ini dipercaya bisa membawa keberkahan, nyembuhin penyakit, dll. Gue pribadi sih nggak percaya sama kayak ginian..

Pintu makamnya..
Air barokah..
Air barokah katanya

Kalo abis jalan-jalan gini paling enak mampir di warung buat minum es degan. Tapi…… sayangnya pas gue kesini warungnya udah pada tutup :(( kesorean siih gue kesinnya hiks..

Pokoknya ini tempat recomended banget buat lo yang pengen liburan ke Karimunjawa tapi nggak kesampaian hahahaks

Dan…

Sekian cerita dari gue. semoga bermanfaat. Kalo pada mau mampir kesini  datang saja ke Jepara. #yaiyelah.

Jangan bilang udah pernah ke Jepara kalo belom mampir ke tempat ini! :D

LETS TRAVEL AND DOCUMENT IT!!!

Byee. See you in the next post! :D

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s