Hal Yang Dikangenin Di Bulan Ramadhan

 

Hallooo

Akhirnya kita bisa nulis lagi pas di bulan Ramadhan. Oiya, dengan masuknya bulan Ramadhan kali ini gue pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya kalo selama dalam penulisan blog ini ada kata-kata atau postingan yang nggak berkenan di hati para pembaca sekalian. Saling memaafkan yaaa. Semoga Ramadhan kali ini bukan Ramadhan terakhir untuk kita dan semoga tahun depan kita masih bisa ketemu lagi sama bulan yang mulia ini. AAMIIN.

*Lah, gue kayak lagi ngasih pembukaan buat kultum taraweh*

Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti buat semua umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di setiap negara punya tradisi atau budaya yang berbeda-beda dalam menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini. Dan tradisi atau budaya itulah yang membuat kita selalu kangen dengan suasana bulan Ramadhan.

Nah yang mau gue bahas disini adalah……………. apa aja sih hal-hal yang ngangenin di bulan ramadhan? Yuk cekidot!

1. Buku Kegiatan Romadhon

Masih ingatkah anda dengan buku ini?

Masih inget nggak sama buku ini? Kayaknya hampir semua generasi 90-an pasti akrab sama ini buku. Yap, buku Romadhon. Sebenernya buku Romadhon ini bukan hal yang ditunggu-tunggu sih ya buat anak SD, malahan dibenci hahaha. Soalnya dengan dikasihnya buku ini, brarti kita diharuskan buat mengisi semua kegiatan selama bulan Ramadhan. Mulai dari baca Al qur’an, sholat tarawih, sholat jum’at, ceramah subuh, bahkan ya sampe ceramah pas Idul Fitri.

Kalo jaman gue dulu ya, pas awal Ramadhan masih semangat-semangatnya buat ngisi ini buku. Setiap ke masjid buku ini nggak boleh ketinggalan. Nyariin pembicara kultum trus minta tandatangan, setiap habis mbaca Al Qur’an dicatetin, bela-belain buat solat subuh di masjid biar bisa minta tanda tangan penceramahnya. Tapi semangat itu paling cuma bertahan seminggu, paling banter juga 2 minggu.

Habis itu kolom-kolomnya dibiarin kosong sampe lebaran. Pas mendekati mau masuk sekolah,  buku Romadhon nya baru disentuh lagi. Kadang beberapa anak mengambil jalan pintas yang lebih cerdas, cepat, dan hemat. Judul kultum yang masih bolong-bolong dikarang sendiri ato nggak liat buku Romadhon tahun lalu ato nggak liat buku kumpulan ceramah milik bapaknya, habis itu disalin. Trus tanda tangan nya di corat-coret asal. Hahaha. Semua ini dilakukan demi harga diri agar bisa dibilang anak rajin sama guru agama. Wkwk. Jangan ditiru. Aku yakin nggak cuma satu-dua anak yang ngelakuin ini di masa kecilnya wkwkwkw. Berani jujur, Hebat! xD

 

2. Maen Mercon/Petasan

Ini nih yang nggak boleh terlewatkan selama bulan Ramadhan, yaitu maen mercon ato petasan. Paling asik itu kalo maen merconnya rame-rame. Per-anak beli berapa mercon ntar disumet (re: dinyalain) bareng-bareng. Kalo anak cewek biasanya belinya yang  kembang api standar. Tapi kalo yang cowok mah belinya lebih bervariasi. Yang gue inget itu ada mercon gasing, kalo dinyalain muter-muter kayak gasing bisa nyala warna-warni.  Trus ada juga mercon kupu-kupu, kalo dinyalain bisa terbang. Kalo nggak salah sih gitu. Ada satu lagi, namanya mercon telek (re: tai), pas merconnya dinyalaiin ntar bisa keluar kayak bentuk e*k manusia. Hahaha. Masih ada nggak ya sekarang..

Ada yang lebih tradisional dan istimewa. Dulu pernah pas abis taraweh mainan petasan dari bambu. Kalo ditempatku namanya Long Bungbung. Kalo gak salah denger dulu sih gitu wkwk. Ini bikinnya juga lebih ribet. Harus nyediain batang bambu yang dilubangi. Trus dikasih minyak tanah sampe penuh. habis itu lubangnya di disumpel kain yang basah kena minyak. Habis itu dikenain api langsung bunyi “DHUARR” keras banget. Kayak meriam gitu. Sampe sekarang masih penasaran kok bisa keras banget ya? adakah scientist yang bisa menjelaskan ini? ehehe

Tapi lama-kelamaan peminat mercon dan petasan udah nggak serame dulu. Sekarang orang-orang udah mulai paham kalo beli mercon sama dengan membakar uang. Udah gitu terakhir kemaren ada yang sampe meninggal gara-gara nyalain mercon. Badannya hancur gitu. Ngeri banget..

 

3. Es Kolak

Source: http://www.daporcobek.com/2013/07/resep-kolak-pisang-ubi.html

Kolak ni emang jadi primadona buat buka puasa orang Indonesia. Minuman yang isinya santen, gula jawa, ada pisang, nangka, kadang dikasih ubi emang bisa jadi pelepas dahaga abis seharian puasa. Udah gitu kalo ditambah es batu. Yumm makin seger..

 

 4. Es Blewah

Nama minuman ini cukup familiar di telinga orang Indonesia. Blewah adalah buah yang masih ada hubungan saudara dengan melon, tapi bentuk nya lebih kecil dan harganya yang lebih murah. Buah blewah ini termasuk buah yang musiman yang ada cuma pada bulan Ramadhan. Padahal bulan ramadhan kan ganti-ganti bulan kalo di tahun masehi. Kok bisa ya? Walllahua’lam. Bisa jadi blewah adalah salah satu keutamaan di bulan Ramadhan. Hahahaa bisa jadi.

Selain itu cara bikin es blewah juga relatif gampang. Blewahnya di kerok sampe jadi panjang-panjang, abis itu dikasih air gula, abis itu dikasih air, dan….. es batu. Jadi deh. Kalo warnanya pengen warna warni tinggal dikasih sirup. Gampang kan? Udah seger, murah, bikinnya gampang lagi. Salah satu minuman favorit gue di bulan Ramadhan 8)

 

 5. Buka Bersama sekalian Reuni

Wah ini nih. Ramandhan emang bulan berkah buat menyambung kembali tali silaturrahmi. Apalagi kalo temen-temen lama yang merantau pada balik ke kampung halaman biasanya dimanfaatin buat ngadain acara buka bersama sekalian temu kangen atau reuni. Saat-saat rame undangan buber itu ketika udah memasuki minggu kedua. Mungkin bisa berhari-hari berturut-turut. Hari ke-15 reuni SD, hari ke-16 reuni SMP, hari ke-17 reuni SMA, hari ke-18 buber sahabat kentel, hari ke-19 reuni OSIS, hari ke-20 buber keluarga besar, hari ke-21.. hari ke-22…. dan seterusnya.

Kamu tau nggak dengan diadakannya banyak acara buber itu siapa yang paling dirugikan? Ya, LO SENDIRI! Coba setelah menghadiri semua acara-acara buber itu, buka dompet lo, coba tarik nafas dalam-dalam dan apa cari apa yang hilang didalam dompet lo.

Jadi saran gue, kita jangan cuma mempersiapkan fisik dan mental doang buat menghadapi bulan Ramadhan. Tapi kita juga kudu siapin finansial kita biar nggak melarat pas habis lebaran nanti. Hahaha. Tapi pokoknya yang penting adalah tetep jalin tali silaturrahim ya, guys!

 ——-

Nah, itu tadi hal-hal yang ngangenin di bulan Ramadhan. Sebenernya masih ada banyak ya. Misalnya jalan-jalan habis subuh bareng temen sekampung, habis tarawih nunggu di masjid ikut tadarus bapak-bapak, Ikutan TPA biar bisa dapet takjil, dan lain sebagainya. Maaf banget soalnya nggak bisa di posting semua. takut kepanjangen dan bikin males bacanya hehe..

Kalau ada kata yang kurang berkenan gue mohon maaf ye. Makasih udah mampir di mari :)

HAPPY RAMADHAN KAREEM. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan :D

@nuhanuhaa (on twitter)

Iklan

Satu pemikiran pada “Hal Yang Dikangenin Di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s