EXPLORE BANDUNG!

Assalamualaikum..

Yo! Kali ini gue mau nulis tentang tempat-tempat yang udah pernah gue kunjungi di Bandung—dan sekitarnya. FYI aja sih ya, sebenernya gue itu anak outdoor yang suka ngunjungin tempat-tempat yang terbuka gitu, apalagi tempat-tempat yang masih alami gitu. Cuman, gegara selama di rantauan ini gue belom bawa kendaraan pribadi, jadi yaaa dunia gue baru sebatas di sekitaran Jatinangor aja. Sedih ya? Banget. Tapi alhamdulillahnya, gue ada temen-temen yang suka jalan-jalan juga, jadi lebih gampang gitu deh. Mwehehe. Udah 8 bulan gue ada di tanah sunda, sedangkan tempat-tempat yang udah gue kunjungi tuh masih dikit banget. Apalagi Bandung yang..you know-lah, ada banyaaak banget tempat-tempat yang hits nan kekinian banget yang super-duper-visit-able. Disitu gue merasa seperti rempahan rempeyek yang jatuh di tanah trus keinjek orang-orang. Hikz. Sakitnya tuh disini bang..

Oiya, Bandung makin eksis aja setelah Ridwan Kamil menjabat jadi walikota yang kemudian memunculkan hashtag-hastag super hits. Kayak #explorebandung, #bandungjuara, #nuhunKangEmil, #SelasaTanpaRokok, #ReboNyunda, #KamisInggris, #MingguJombloNgenes, #noAgnezmo, #noAyuTingting. Jadi intinya gue bangga menjadi bagian dari warga Bandung………raya. Gapapalahya. Hehe.

Jadi intinya postingan ini lebih kayak catatan perjalanan gitu. Hehehe. Maap ya kalo rada panjang dan ngebosenin ato gimana. Trus maap juga kalo nggak bisa ngasih banyak info tentang tempat itu, go google aja yak. Trus gue juga minta maap kalo semisalnya lo udah pernah tempat itu jadi nggak bisa ngasih tempat referensi. Yaa, da aku mah apa atuh. Hiks. Yang penting, Check it out! Mwehehe

  1. Trans Studio Bandung (TSB)

Gue udah pernah kan ngeblog tentang TSB. Mungkin bisa di cek disini aja. Jadi intinya, menurut gue nih ya, TSB tuh tempat yang visit-able buat orang-orang yang penasaran banget sama dalemnya TSB. Yang penasaran banget aja. Jadi kalo semisal lo nggak penasaran-penasaran banget, mending pikir 2x aja gitu. Ntar jatohnya bakalan rada kecewa gitu. Soalnya berat di tiket sob. Hahaha. Tapi kalo lo lagi nggak penasaran banget tapi juga nggak mau dikecewain, mendingan cari-cari info tentang promo tiketnya. Lumayan dapet setengah harga. Pantengin terus twitternya di @TransStudioBdng. Trus kalo ada promo, langsung tancep boi. Nggak usah pikir panjang. Yoi banget dah buat anak kost macam gue. Hahaha. Jangan lupa berangkat pagi ya!


  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Ini nih tempatnya di Dago Atas. Tempatnya masih seger binggo. Buat yang anak kampus di bandung, kalo lagi banyak beban kuliah mending lari kesini aja. Beeh, mantab! Udaranya sejuk dan keasriannya terjaga. Top deh! FYI aja sih ya, di dalam Tahura Ir. H. Djuanda ini mencakup banyak spot-spot bagus dan ada nilai sejarahnya juga. Ada banyak air terjun (Curug Lalay, Curug Omas Maribaya, Curug Dago), ada juga Goa Jepang, Goa Belanda, ada monumen, ada jogging track nya juga, banyak cuy!

Masih alami lohhh
Mirip banget kayak yang di Jogja namanya apa lupa wkwk
Mirip banget kayak yang di Jogja namanya apa lupa wkwk

Goa Jepang
Goa Jepang
Numpang eaaa, biar eksis juga hahaha
Tidur dibawah pohon-pohon kayak gini tuh = surga dunia
Tidur dibawah pohon-pohon kayak gini tuh = surga dunia

Tips dari gue sih ya, kamera di charge sampe penuh yak. Soalnya pas gue kesini, di tengah perjalanan kamera gue abis batre. Sedih banget ga sih. Hikz. Trus kalo kesini bawa bekal yang banyak kalo mau ala-ala hiking gitu. Hahaha. Trus kalo lo males jalan-jalan, tidur-tiduran beralaskan tikar dibawah pohon-pohon tinggi nan rindang dan siulan burung-burung, itu udah surga banget sob! Coba aja deh.

  1. D’ranch Lembang

Pacuan Kuda D’ranch

Em.. D’ranch ni apa yak. Tempat yang menurut gue lebih buat anak-anak sih. Gatau sih kenapa gue bisa nyasar kesitu. Oiya deng, waktu itu gue kesitu bareng keluarga. Lagi dijenguk. Jenguk dadakan yang gue nggak tau bakal dijenguk *curhat bentar yha*. Walaupun tempatnya biasa aja, tapi aku senang. Tempat yang biasa aja bakal terasa luar biasa ketika kamu pergi bersama dengan orang yang kamu cintai (Nuha: 2015). Tsahh. Baper.. baper..

Tempatnya asiq buat foto levitasi
Foto macam ni juga bisa.  (In frame: abang sm adek gue)
Foto macam ni juga bisa. (In frame: abang sm adek gue)
  1. Kebun Teh Ciwalini

Luas banget sob
Luas banget sob

Nah, ini nih tempatnya baru banget gue kunjungi. Baruuu banget. Masih anget-anget tai kucing. Hahaha. Walaupun kebun teh biasa, tapi bagi gue itu nggak biasa. Soalnya gue pertama kalinya ketempat yang kebun tehnya luaaaasss banget. Kemuning mah lewaat wkwk. Tempatnya ada di Ciwedey. Belokan mau ke Kawah Putih masih lurus lagi. Kalo kesini jangan lupa beli tehnya yak. Namanya teh Walini. Rasanya dijamin mantab. Yoh berdayakan masyarakat sekitar untuk menumbangkan kapitalisme dan liberalisme! Merdeka! Wkwk

Perfect timing
Perfect timing

Buah tangan
Buah tangan
  1. Bukit Moko

Bukit Moko ini super-duper-hitz banget. Titik tertinggi buat bisa liat kota Bandung dari atas. Kalo malem-malem bakal terlihat cahaya lampu kota Bandung, kayak bintang gitu. Makanya namanya bukit Bintang. Mirip sih ya sama yang di Jogja. Bedanya lebih seger sini, soalnya bukan tempat lewat truk-truk gitu. Udaranya masih fresh banget. Cocok buat liat sunrise dan sunset. Pokoknya kalo lo abis kesini, derajat ke-gawl-an lo bertambah. Yowman!

Sorry for blurriness
Sorry for blurriness

Nikmati sunrise dari puncak tertinggi Kota Bandung
Nikmati sunrise dari puncak tertinggi Kota Bandung
Numpang eksis dulu ye :p
Numpang eksis dulu ye :p
  1. Museum KAA

Wah ini nih salah satu tempat favorit gue. Apalagi setelah direnovasi besar-besaran sama Kang Emil. Suasananya Eropa banget coy! Masuk ke dalem museumnya bikin tingkat ke-jenius-an lo bertambah sob! Percaya deh.

Isinya Museum KAA nih
Isinya Museum KAA nih
Setelah direnovasi jadi keren cuy
Gak sengaja ketemu Pak Wali
Gak sengaja ketemu Pak Wali
Tempatnya selfie-able
Tempatnya selfie-able
  1. Taman Jomblo dan Taman Film

Gue pas itu penasaran banget sama yang namanya 2 taman ini. Soalnya baru banget kan dibuat. Sampe diberitain dimana-mana. Bikin penasaran banget. Padahal sesampai disana akhirnya bilang “oh, cuma gitu..”. Kurang greget buat foto-foto. Malu euy. Soalnya bakalan diliatin orang-orang yang ada di bangjo. Itu karena tempat ini terletak di bawah jembatan layang. Pokoknya gitu lah. Ehehe.

Taman Jomblo
Taman Jomblo

Taman film juga lumayan kreatif buat mengisi space kosong sih menurut gue, daripada untuk permukiman kumuh mendingan dijadiin kawasan terbuka. Semoga usaha Kang Emil dalam membentuk taman-taman kota berpengaruh pada tingkat kebahagiaan masyarakat Bandung. Jadi, kalo tingkat kebahagiaan masyarakatnya tinggi, bakal berpengaruh buat produktivitas masyarakatnya itu. *CMIIW* Dan Bandung akan dinobatkan sebagai kota dengan harapan hidup tertinggi di Indonesia. Yeee. Amin deh amiin.

Taman Film
Taman Film
Taman Pasupati aka Taman Jomblo
Taman Pasupati aka Taman Jomblo
  1. Alun-Alun Kota Bandung

'Rumput' Ijo
‘Rumput’ Ijo

Ini deketan nih sama KAA. Kemaren juga abis direnovasi. Apalagi abis dikasih rumput sintetis, orang-orang pada kesana buat foto diatas ‘rumput’ ijo. Biar kekinian katanya. Iyain aja yah. Wkwk. Ini tempatnya crowded banget. Gue kurang suka. Tapi good job, kang Emil!

Seperti biasa kalo di Indonesia ada alun-alun, pasti di baratnya ada masjidnya
Seperti biasa kalo di Indonesia ada alun-alun, pasti di baratnya ada masjidnya

Tertata rapi
Tertata rapi
  1. Situ Patenggang

Situ Patenggang dari atas
Situ Patenggang dari atas

Ini gue juga baruuu aja kesini. Tempatnya mengandung zat adiktif, bikin ketagihan pengen kesana lagi. Beneran deh. Ini tempatnya menurut gue paling juara. Apalagi membawa slogan andalan “The Beautiful of Nature”. Emang bener indah banget. Apalagi kalo berkabut. Dinginnya bikin tangan membeku. Nggak deng. Tapi emang dingin banget sih. Enak buat berlama-lama melepas kepenatan rutinitas seharian. Pengen kesitu lagi gue. Danaunya tuh luaaass banget, Telaga Sarangan mah lewaaat wkwk.

Situ Patenggang yang ngangenin
Situ Patenggang yang ngangenin

Kalo mau ke Batu Cinta pake perahu.. cukup 20ribu aja
Kalo mau ke Batu Cinta pake perahu.. cukup 20ribu aja

Oiya, Konon di tengah pulaunya ada sebuah batu yang kalo kita kesitu bakal langgeng sama pacarnya. Namanya Batu Cinta. Tapi gue nggak percaya. Itu kan syirik termasuknya. Hehe.

“Tak perlu batu cinta untuk melanggengkan cinta kita. Cukup sebut namaku dalam doamu, insya Allah akan abadi di langit sana.”

  1. Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan

Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan
Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan

Ini masjid super simpel arsitekturnya. Keren. Bentuknya kotak dan ada lafadz “Laa ilaaha illallah” dalam susunan lubang-lubang kotak. Itu nilai seninya dapet banget. *halah, so-soan*. Tempatnya bikin sholat kita tambah khusyuk. Apalagi ini tempatnya ada di Kota Baru Parahyangan yang jalannya nggak crowded banget. Bikin tenang, bikin betah berlama-lama di masjid. Keren ya Kang Emil. Btw, doi yang ngedesainnya. Good.

  1. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Gue kesini juga pas dadakan banget sih. Soalnya tempatnya deket banget sama kampus UNPAD Jatinangor, ada di belakangnya. Udah 2x kesini. Ini tempat emang biasa buat hunting foto komunitas fotografi gitu. Tempatnya bagus kok. Kalo pengen refreshing pikiran nggak perlu tempat jauh di Bandung sono, di belakang kampus aja udah ada yang bagus kok. Hehe. Buper ini mengingatkan ku pada kartun Doraemon: “bukit belakang sekolah” mirip-mirip lahh..

Pohonnya foto-able banget
Pohonnya foto-able banget

Bagus buat hunting foto
Bagus buat hunting foto
  1. Puncak Candi, Cicalengka

Ini tempat kurang hitz menurut gue, padahal bagus banget. Bisa ngeliat Kabupaten Sumedang dari atas. Kata temen gue, ini tempat aslinya kalo hari minggu dibuat Sunday market gitu. Gue pernah kesini buat hunting foto ala-ala. Wkwk. Maklumlah fotografer amatiran.

Cuci mata tuh kesini. Subhanallah..
Cuci mata tuh kesini. Subhanallah..
Tempatnya kurang hits sih. Makanya perlu di-explore
Tempatnya kurang hits sih. Makanya perlu di-explore

Nah,

Baru tempat-tempat itu sih yang gue kunjungi. Maklumlah jadi mahasiswa tuh disibukkan dengan bermacam hal. Masih banyak sih tempat-tempat yang pengen gue kunjungi, yang membuat gue merasa belum menjadi warga Bandung-raya sejati. Hahahahaha. Gue pengen banget ke Kawah putih, Tangkuban Perahu, Stone Garden, sama Dusun Bambu. Pengen banget kesitu tapi belom kesampean. Selalu kebentur masalah waktu dan temen *gue belom berani travel-solo btw*. Doain semoga gue bisa kesitu yhaa. Hehehe.

Thanks for reading! Maap ini post panjang banget kayak jalan tol. Yang penting gue bisa ngeblog. YEAY!

Follow instagram gue juga yak kalo mau foto-foto lainnya hehe –> @nuhanuhaa hehehehe :D

Iklan

9 pemikiran pada “EXPLORE BANDUNG!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s