100 Days Overview || Behind The Project

Jadi gini, ku mau bercerita sedikit tentang proses pembuatan video itu. Video “100 Days Overview – DKM FISIP UNPAD” adalah sebuah video untuk memperingati  100 hari kepengurusan DKM FISIP UNPAD. Lebih baik sih liat dulu videonya dari awal sampe akhir. Cuma 5 menitan laah. Hehe. Oke, jadi.. Apa itu DKM? DKM secara nomenklatur yang dijelaskan di AD/ART nya sih kepanjangan dari Dewan Kemakmuran Mushola. Tapi kalau aku pribadi sih lebih suka menyebut DKM sebagai Dewan Keluarga Muslim. Uuuh, keren yak! Pengen sih DKM FISIP  tahun ini bikin perubahan fundamental dengan mengubah nomenklaturnya. Hahaha. Kalau namanya ganti kan lebih keren nggak sih? BOOM. Ok skip.

Kini beralih kembali ke topik awal. Awal mula tercetusnya project ini kalau nggak salah dari Razi, Ketua DKM FISIP yang dia pengen bikin kayak semacam  refleksi kepengurusan gitu. Pengen bikin sesuatu buat 100 hari kepengurusan. Ya pokoknya gitu aku lupa gimana prosesnya pokoknya intinya abis itu Razi minta tolong aku buat bikinin video yang dimaksud dia. Respon ku? Uuuh big no. Waktu itu lagi males banget, banyak deadline segala macem. Pokoknya aku bilang ke Razi, “Ih kenapa gak anak infokom aja zi?”, “Nggak mau zi lagi pusing banyak urusan”, “Duh zi, pengen siih tapi lagi nggak ada waktu banget buat editing video”, dan berbagai macam alasan lain.

Singkat cerita, di suatu malam ketika disela ngerjain tugas-tugas, dan pada saat itu ku sedang bosan, akhirnya ku bukalah aplikasi editing video kesukaanku.

Adalah sebuah kesalahan ketika kamu memilih untuk melakukan hal yang kamu sukai daripada menyelesaikan dulu segala urusan dan kewajiban.. (Nuha, 2016)

Waktu itu sekitar jam 9 malam kalau nggak benar. Dengan maksud untuk mencari mood biar semangat nugas, eh malah keterusan. Keasikan editing video hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 02.00!! Sumpah itu nggak ngerti lagi guee. Video masih setengah jadi. Tapi liat hasilnya I feel like.. Wow, kok bagus ku bisa bikin kayak gini. Bagian yang paling aku suka adalah bagian awalnya, pas kameranya seolah-olah kayak pake drone gitu nge-shoot jalan. Soalnya getarannya nggak keliatan. Halus gituu. Gatau seneng aja. *Maafin norak, maklum baru nemuin fitur stabilizer WKWKW.

Oiyaa, banyak yang nanya “Itu edit videonya pake aplikasi apa, Nuh?”. Umm.. maaf ya aku nggak bisa bilang soalnya takut ntar kalian nyaingin aku hahaha. Nggak deng canda. Da aku masih amateur gitu editnya. Masih harus banyak belajar. Ok…I’ll tell you the secret….. aku pake aplikasi  Wondershare Filmora featuring Movie Maker. Minat? Bisa di download yaaa disini. Downloadnya gratis kook hehehe

Ku juga pake Movie Maker, tapi cuma buat bagian stabilizer aja kayak yang di awal-awal. Sebenernya sih di Wondershare juga ada, namun nggak begitu soft gitu gerakannya. Lebih prefer ke Movie Maker. Ih aku mau cerita, jadi aku baru bisa download Movie Maker tuh baru-baru ini. Dan aku seneng bangeeet. Soalnya kan di laptopku dulu ada Movie Maker, tapi ilang gegara abis di install ke Windows10. Uuuh, itu patah hati banget parah. Mainan aku ilang soalnya. Kecewa banget. Etapi alhamdulillah Allah menghadirkan Filmora, dan itu aku seneng banget parah. Kayak anak kecil abis dibeliin permen. Soalnya efek-efek yang ada di filmora itu loooh.. Seneng banget waktu ituuu sampe loncat-loncat hahaha.Norak memang. Editing pertama pake Filmora ada di youtube kuu. Klik yaaa

Dari sini kita dapat melihat bahwa Nuha adalah sosok yang gampang bahagia. BOOM!

Back to the topic, trus video yang setengah jadi itu, besoknya aku liatin ke Razi sama Rizal pas abis TFM. Dan respon mereka positif gitu dan itu bikin makin semangat bikin video yang bagus demi DKM FISIP. Yeaay. Trus ada rihlah DKM tuuh, jangan heran kalo pas di video Overview itu, yang bagian rihlahnya banyak banget. Soalnya pas itu kita banyak ngerekam, maklum 18GB cyin microSDnya. Udah gitu pas itu pake kameranya yang bagus, yang 600D yang videonya bisa disetting 50f/s. Kalo di slow motion nggak patah-patah gitu. Waaaw I’m lovin it <3

Trussss kelar deh. Edit-convert-liat-menemukan kekurangan-edit lagi-convert lagi-liat lagi-ada yang cacat dikit, edit lagi-convert-gitu terus sampe merasa udah “flawless”. Ada 4x convert dan pas hari H mau tayang, video yang aku kira udah fix ternyata I rombak lagi strukturnya. karena I merasa ga sreg gitu. 2 jam sebelum video tayang, akhirnya the last convert done. Kutonton. Puas. Kutonton lagi. lagi. Senang… Bahagia…

Cobalah untuk mengapresiasi diri sendiri. ketika kamu merasa bangga atas kinerja dirimu.. disitu pula kamu akan merasa bahagia.. (Nuha, 2016)

Ckck anaknya teh pecinta quote pisan. Wkwk. Eh terlintas quote lagi:

Bahagia itu tidak datang begitu saja, tapi diciptakan.. (Nuha)

Ketika saatnya penayangan video. Deg-degan sih. Ngebayangin gimana ya reaksi orang-orang atas video ini? Eh udah excited mau diplay, tiba-tiba proyektornya mati pet. SEBEL. Padahal pas itu pake sound system nya udah siap banget. Heuuu. Oke dipending dulu. Proyektor penggantinya lagi dicariin . Diselingi perform dari tiap departemen. Oke skip. Departemen gue nggak maju soalnya kadep nya lagi sibuk ngurusin video. Heu.

Akhirnya proyektornya pun datang. Dipasang kabel segala macem, sound udah siap, kita pake punya dekanat cyin yang bass nya BOOM banget ituu. Kayak anak hacep. Anak masjid bertransformasi wkwkw.

Saat yang ditunggu pun tiba. Semua mata tertuju pada layar. Menyimak opening dengan serius. Ketika yang lain fokus ke videonya, ku malah fokus ke orang-orang yang liat videonya. Reaksinya itu looh. Wajah-wajah yang menyiratkan sebuah makna itu looh yang justru bikin seneng. Hehe. Anak-anak DKM FISIP 2016, terimakasih ya.

Pada hari itu aku bahagia. SUKSES!

MAQBULATIN NUHA

Jatinangor, 19 Juni 2016, pukul 01.08 WIB

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s