Cintaku Nyangkut di Bukit Gantole

IMG_0803

Sebagai orang Solo (Kota Surakarta) asli, mungkin nama bukit Gantole ini masih asing didengar. Yup. Begitu juga gue. Gue aja tau nya tempat ini tuh dari Instagram temen gue karena dia sering banget post foto di tempat ini. Mungkin kalo temen gue itu nggak pernah upload di instagram tentang tempat ini, kayaknya sampe sekarang pun gue bakal ga tau kalo Waduk Gajah Mungkur punya spot kece yang breathtaking abis. EAAA

Bukit Gantole terletak di Sendang, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Atau lebih tepatnya sih di Waduk Gajah Mungkur setelah nyebrang jembatan paling panjang, ntar belok ke jalan menuju Menara Filter. Jalannya sih nggak bolong-bolong ya.. tapi tanjakannya, tjiin. MANTAAF. Dan hanya cukup untuk 1 mobil aja. Kebayang kan lagi di tengah-tengah tanjakan, eh dari depan ada mobil nongol. Pilihannya ada tiga, mobil kita yang mundur, atau mobil dia yang mundur (dia??? Cieee baper), atau kita banting stir ke jurang #KelarIdupLo #LangsungSampeTempatTujuan #Akhirat #ThugLife #BOOM

Bukan Nuha kalo nggak cerita panjang. Ha Ha. Jadi ceritanya, gue tuh diajakin temen gue, namanya Mira pas lagi Halal Bi Halal SMP buat nengok Luthfi, temen SMA gue yang udah nikah dan baru aja punya momongan. Iya, temen. gue. udah. nikah. udah. punya. anak. Gue kapan? lagi otw nih doakan yak. Hahaha (oke skip). Ya berhubung hari itu kosong, ya udah deh, menyambung tali silaturrahmi kan bisa melancarkan rejeki, ye kan? Berangkatlah gue ke Wonogiri bersama 5 teman untuk berjumpa kawan lama. Wedeew ga nyangka lah si Luthfi telah bermetamorfosa menjadi seorang ibu dan memiliki seorang anak yang lucu banget gewlaa. Unyuu endut gituu pipinya gituu. Unchhh~ Setelah dirasa ngobrol-ngobrol cantik dan makan-makannya puas, abis itu kita langsung otw balik Solo. Tapi kita nyempetin dulu mampir maen. Yakali jauh-jauh (sebenernya ga jauh-jauh banget wkwkw) ke Wonogiri ga maen. *anak main banget nih ckck*.

 

IMG_0709
“Ape lu liat-liat, gue ganteng kan?”

 

Jarak dari Slogohimo menuju Waduk Gajah Mungkur sekitar 1 jam. Lumayan sih. Jalannya nanjak banget pas mau ke tempat gantole dan harus perbanyak doa haha. Tapi deket kok itu cuma 200 meteran lah ya. Oiya, buat yang belom tau gantole itu apa, Gantole tuh nama lainnya Paralayang. Nah biasanya mereka (TNI AU) latihan nerbanginnya disitu. Ada 2 tempat, Gantole 1 sama Gantole 2. Kalo yang Gantole 1 tuh ada di bawah dan Gantole 2 masih keatas lagi. Akhirnya kami memutuskan buat ke Gantole 1 aja. Pas turun dari mobil, you know what? PEMANDANGANNYA BAGUS BANGET PARAAAH

 

IMG_0800
Awesome!

 

 

Cuci mata sesungguhnya itu bukan liat cowo/cewe cakep, tapi liat dan mengagumi keindahan alam bukti kebesaran-Nya. #KuotOfDeDey

Subhanallah itu bagus banget. Sejauh mata memandang bisa melihat pesona keindahan Wonogiri. Di sisi kanan kita bisa liat pegunungan, dan di sisi kiri bisa lihat Waduk Gajah Mungkur membentang luas dan terlihat seolah-olah ada pulau di sebrang sana. Lekukan pulau-pulau dan hamparan waduk yang luas bener-bener memanjakan mata. Rasanya ingin membangun rumah disitu. Membayangkan setiap pagi menikmati secangkir teh panas dengan melihat pemandangan yang sedemikian rupa dan hembusan angin sepoi-sepoi. Beeeh surga duniaaa.

 

IMG_0977
Keren banget ga sih <3

 

Oiya, FYI aja, WGM merupakan bendungan terbesar se-Jateng dan masuk ke 5 besar bendungan terbesar se-Indonesia. Jadi pas kita kesana, dilihat dari atas seolah-olah kita sedang melihat laut. Luas banget cyiin. Betah banget gue disana. Anginnya seger, sepi *pas itu gue dateng hari Selasa*, tenang banget. Tempatnya pas banget buat kalian yang lagi di Solo tapi bingung mau kemana. Pas juga buat yang ingin menenangkan diri dari segala hiruk pikuk kesibukan dunia. Fix banget itu tempatnya nagih. Nggak heran kalo banyak yang balik lagi ke sana setelah sekali dateng kesini. Bagus banget parah.

 

IMG_0982
Biar kekinian.

 

Pas kita kesana (Gantole 1), bakal ada tempat penerbangan paralayang dari kayu, artistik gitu kalo menurut gue. Bagus buat di foto, pas banget backgroundnya ‘laut’. Selain itu juga ada warung-warung kecil buat nongkrong sekaligus ngopi santai. Disana juga ada makam yang kerawat banget, kurang tau itu makam siapa. Sangking kerawatnya gue kira itu rumah siapaa gitu soalnya rapi. Kemudian kita masuk lagi ke dalam setelah menuruni tangga-tangga, terdapat menara operator seluler tinggi menjulang dan terdapat sebuah batu besar yang fotoable banget. Jangan ditanya view nya kayak gimana, lebih baguuss.. Seolah-olah kita lagi liat laut beneran karena pulau-pulaunya keliatan banget dan lengkukan gunung-gunungnya keliatan. Beeuh, Cocok banget buat yang lagi pengen ke laut tapi ga sempet hahaha

 

 

IMG_0889
‘Laut’nya Solo keceee

 

 

 

IMG_0872
Kayak rumah kan, padahal kuburan..

IMG_0876
1 dari sekian foro yang udah diambil

 

 

Setelah merasa puas dan capek berfoto ria, akhirnya kita memutuskan untuk pulang kembali menuju Solo. Sebenernya belom puas itu gue, tapi yaudahlah ya.. Itu aja sih ya yang bisa gue sharing. Semoga gue bisa menjelajah tempat-tempat kayak gini lagi, yang view nya memanjakan abis dan selalu bikin ketagihan. Bukit Gantole, I love you..

Surakarta, 1 Agustus 2016

Maqbulatin The Explorer Nuha

 

Tinggalkan Balasan

