Diary KKN – Belajar Memberi

img_7956

“Jangan pernah sombong dengan ilmu yang kita miliki. KKN itu pada dasarnya kita yang seharusnya belajar dari masyarakat..”

Ah suka banget sama kata-kata diatas yang tak lain dan tidak bukan adalah nasehat dari DPL-ku waktu pembekalan KKN. Haha.

Jadi ceritanya, hari ini aku jalan-jalan ke kebun salah seorang warga. Niat awal kita sih cuma maen aja karena si-ibu udah ngajakin mulu dari kapan tau. Eh gatau nya kita malah disuruh bawa banyak banget sayuran kayak sawi, tomat, cabe ijo. Waduh. Banyak bet sampe kita bingung gimana ngebawa balik ke rumah KKN, haha. Padahal itu aslinya masih ditawari buat bawa singkong gitu, tp kita nolak dengan halus karena ga enakan euy, ngerepotin. Hehe.

Ini nih yang aku suka dari orang desa. Mereka tuh baiiik dan dermawan banget cuy. Aku tau mereka hidupnya sederhana tapi buat memberi ke oranglain tuh nggak tanggung-tanggung. Buat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri mereka masih harus kerja keras banget tapi buat berbagi mereka ga pernah mikir dua kali. Berusaha buat nyenengin hati oranglain. Sungguh mulia sekali akhlak mereka.

Beda banget sama diri ini yang kadang masih suka egois dan kadang terlalu pikir panjang untuk melakukan kebaikan apapun ke temen sendiri ataupun ke orang lain. Kalo ada yang temen yang minta tolong atau apa gitu kadang bawaannya enggan dan diikuti dengan ungkapan kekesalan, “apaan sih” “bikin repot deh sukanya” “kerjain sendiri kan bisa” dan gerutuan lainnya. Astaghfirullah. Ampuni hamba.

Makanya hari ini aku berasa ditegur Allah melalui mereka. Alhamdulillah..

Desa Cipulus, 14 Januari 2017

Dari yang lagi seneng akhirnya bisa jalan-jalan di perkebunan setelah seminggu kebanyakan bersemayam di homestay. Yuhuu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s