Diary KKN – Do Something

IMG_20170126_233542_504.jpg

Pepatah mengatakan “Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan padamu, tapi tanyalah pada dirimu apa yang telah kau berikan untuk negaramu”

Sekarang aku mengerti kenapa banyak volunteer-volunteer yang masih memilih tetap bertahan untuk mengajar atau memberikan pencerdasan-pencerdasan di pedalaman sana walau terkadang hak mereka banyak yang tidak terpenuhi dan gaji mereka tidak sebanyak yang ada di kota.

Kenapa? karena mereka bahagia.

Bahagia ketika ilmu yang mereka miliki bisa digunakan untuk membantu masyarakat. Karena mereka bahagia melihat wajah masyarakat yang banyak menaruh harap kepada mereka ketika mereka memutuskan untuk mengabdikan diri bersama masyarakat. Bahagia ketika mereka bisa menebarkan kebermanfaatan kepada oranglain. Walaupun apa yang mereka lakukan itu nampak sebuah aksi kecil yang sepele namun ternyata mampu memberikan kebahagiaan bagi oranglain dan juga kebahagiaan dari dalam hati mereka sendiri. Kebahagiaan yang tiada duanya, dalam dan akan terus membekas. Hanya dia dan Tuhannya yang tau.

Ya. Dan aku baru merasakan apa yang mereka rasakan sekarang. Ah Nuha kemana aja kamu selama ini? Tak apa. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Biarkan bundelan policy brief ini menjadi saksi bahwa aku bukanlah tukang pengutuk dan tukang mengeluh atas kekacauan dan kekurangan yang terjadi di negeri ini.

Setidaknya aku telah melakukan sesuatu karena aku percaya bahwa harapan itu masih ada. Seperti apa yang segelintir orang yakini.

Do you believe in ‘hope’? Let’s do something, stop grumbling, for the better future.

 

 

PS: Terima kasih pak Wawan, tanpamu aku ga tau gimana caranya bikin policy brief. Semoga jadi amal jariyah buatmu, pak! Amiin..

 

Cipulus, 27 Januari 2017, 00.24 WIB

Dari yang bentar lagi kelar KKN tapi masih belum siap kembali ke rutinitas sebelumnya. Huhu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s