Arsip Kategori: Tulisan Saya

Sepertinya Aku Harus Berhenti

S_6107181188675

Sang sopir sebenarnya menyadari kalau perjalanan yang ia tempuh masih jauh dan panjang.

Pada awal sebelum memulai perjalanan ini sang sopir sudah memperhatikan betul tentang bekal perjalanan dan bahan bakar. Dan menurut sang sopir, persediaan bahan bakar akan cukup buat sampai akhir perjalanan. Sudah ia pikirkan baik-baik.

Tapi,

Ternyata,

Ekspektasi memang selalu tidak sesuai dengan kenyataan. Lanjutkan membaca Sepertinya Aku Harus Berhenti

Sudah Kubilang

S_5884819210544.jpg

Sudah kubilang kan dari awal ga usah pedulikan apa kata oranglain. Mereka tuh nggak tau alasan utama kenapa kamu memilih untuk ada dan bertahan disini.

Ketika mereka meremehkan kehadiranmu disini karena beranggapan bahwa ada tempat lain yang lebih layak buatmu, yaudah biarin aja. Kamu memilih untuk disini kan pilihanmu, bukan pilihan mereka. Toh yang memiliki kontrol atas dirimu tuh ya kamu sendiri, bukan mereka. Dan sampai akhir nanti pun yang akan menjalani ini semua tuh kamu kok, bukan mereka. Jadi tetep tenang aja ya. Teruslah berjalan tanpa harus melihat ke belakang..

Aku ingatkan sekali lagi, mereka tuh cuma liat dari luar, nggak tau banyak apa aja yang udah kamu lakuin dan perjuangin disini. Mereka ga akan tau dan ga akan mau tau seberapa besar perubahan yang udah kamu lakuin disini. But life must go on. Tetap jalanin apa yang sudah menjadi target dirimu selama ini tidak bertentangan dengan kata hatimu.

Tetap semangat ya, aku tunggu kabar baikmu..

Jatinangor, 4 April 2017
Dari yang udah nahan-nahan buat ngomong ini. Tapi tak apa jika berakhir dalam tulisan.

Terima Kasih Untuk Hari Ini

BPM Kema Unpad 2017.jpg

Menjadi bagian dari keluarga ini tuh adalah salah satu pilihan yang tidak pernah aku sesali. Menjatuhkan pilihan agar tetap bertahan di BPM Kema bukanlah suatu keputusan yang mudah. Takut ini.. takut itu.. ditawarin ngurus ini.. itu.. Hmm.. Namun kemudian aku diingatkan pada alasan awal kenapa ada keinginan untuk stay disini. Semua berawal dari kegelisahan dalam diri untuk pengen menjadikan BPM Kema agar lebih dikenal Kema Unpad….dan akhirnya, aku disini.

Terima kasih banyak untuk hari ini. Seneng banget kalo bisa kumpul bareng. Hahaha. Upgrading perdana ini Lanjutkan membaca Terima Kasih Untuk Hari Ini

#FlashbacKKN – Ciinjuk Terakhir Kali

IMG_8438.JPG

Jadi ceritanya gini, tadi subuh-subuh tiba-tiba keinget sama kejadian pas KKN. Kayanya asik kalo buat ditulis, biar kalo lupa bisa jadi pengingat gitu. Flashback ceritanya. Hahahalah.

Majalengka, 02 Februari 2017

Pagi itu merupakan pagi kedua terakhir kita ada di Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka. Soalnya besok paginya kita udah langsung caw balik ke Nangor. Haha. Seneng sih.. tapi meninggalkan tempat paling tenang dan menyejukkan ini yang bikin susah. Anjay wkwk

Ok, lanjut.. Lanjutkan membaca #FlashbacKKN – Ciinjuk Terakhir Kali

Sudahlah, Fokus Aja Sama Dirimu.

S_5793203638448

Kenapa sih seringkali kita lebih takut sama penilaian manusia daripada penilaian Tuhannya manusia? Ya dalam hal apapun. Padahal kalo dipikir-pikir, orang tuh bisa bantu apa? Trus kalo ada apa-apa, bukannya yang ngejalanin kan diri kita sendiri? Dan ending-endingnya juga kita sendiri kan yang bakal mempertanggungjawabkannya? Ya ga sih?

Contoh kecil aja sih, judul skripsi.

Kenapa kita harus sok-sok cari judul yang bakal bikin orang terpesona liat judulmu? Padahal mah ntar juga yang nyari data kita sendiri, yang mikir Lanjutkan membaca Sudahlah, Fokus Aja Sama Dirimu.

(TEASER) KKNM UNPAD Desa Cipulus Majalengka

Watch in HD!
Ini adalah video singkat yang berdurasi 2 menit tentang pejalanan KKN kami di sebuah desa yang terletak di bawah kaki Gunung Ciremai. Desa itu bernama Desa Cipulus. Insya Allah bakal ada video officialnya. Hahaha. Jadi ini cuma prolog doang wkwkw. Ga bisa menjanjikan kapan bakal jadi. Ya semoga secepatnya aja yah wkwk

Belum Bisa Move On

Processed with VSCO with t1 preset
Secercah panitia lainnya

Mau nostalgia dulu dari pengalaman akhir tahun 2016 kemaren tepatnya tanggal 3-5 November, dimana Dewan Kemakmuran Mushola (DKM) FISIP UNPAD mengadakan sebuah event besar berskala nasional dimana semua perwakilan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dari berbagai kampus di Indonesia berkumpul bersama dalam sebuah Musyawarah Nasional III FSLDK ISIP Indonesia. Jujur, aku belum bisa move on dari kepanitiaan ini karena.. gatau kenapa aku merasa berkesan banget aja gitu, nyaman banget ada di kepanitiaan ini, beda sama kepanitiaan-kepanitiaan lainnya. Hahaha.

Semua berawal dari..

Lanjutkan membaca Belum Bisa Move On

Diary KKN – Do Something

IMG_20170126_233542_504.jpg

Pepatah mengatakan “Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan padamu, tapi tanyalah pada dirimu apa yang telah kau berikan untuk negaramu”

Sekarang aku mengerti kenapa banyak volunteer-volunteer yang masih memilih tetap bertahan untuk mengajar atau memberikan pencerdasan-pencerdasan di pedalaman sana walau terkadang hak mereka banyak yang tidak terpenuhi dan gaji mereka tidak sebanyak yang ada di kota.

Kenapa? karena mereka Lanjutkan membaca Diary KKN – Do Something

Diary KKN – Papeda Cipulus Punya

IMG_8110.JPG

Dua hari yang lalu kita (Cipulus Squad) ada agenda untuk mengadakan penyuluhan kebersihan ke anak-anak TK Cipulus. Jarak dari homestay kita ke TK ga begitu jauh cukup dengan jalan kaki untuk kesananya. Kita melewati sebuah SD tuh dimana ya yang kita tau lah ya banyak gerobak-gerobak jajanan gitu kan, ada Lanjutkan membaca Diary KKN – Papeda Cipulus Punya

Diary KKN – Belajar Memberi

img_7956

“Jangan pernah sombong dengan ilmu yang kita miliki. KKN itu pada dasarnya kita yang seharusnya belajar dari masyarakat..”

Ah suka banget sama kata-kata diatas yang tak lain dan tidak bukan adalah nasehat dari DPL-ku waktu pembekalan KKN. Haha.

Jadi ceritanya, hari ini aku jalan-jalan ke kebun salah seorang warga. Niat awal kita sih cuma maen aja karena si-ibu udah ngajakin mulu dari kapan tau. Eh gatau nya kita malah disuruh bawa banyak banget sayuran kayak sawi, tomat, cabe ijo. Waduh. Banyak bet sampe kita bingung gimana ngebawa balik ke rumah KKN, haha. Lanjutkan membaca Diary KKN – Belajar Memberi