Belum Bisa Move On

Processed with VSCO with t1 preset
Secercah panitia lainnya

Mau nostalgia dulu dari pengalaman akhir tahun 2016 kemaren tepatnya tanggal 3-5 November, dimana Dewan Kemakmuran Mushola (DKM) FISIP UNPAD mengadakan sebuah event besar berskala nasional dimana semua perwakilan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dari berbagai kampus di Indonesia berkumpul bersama dalam sebuah Musyawarah Nasional III FSLDK ISIP Indonesia. Jujur, aku belum bisa move on dari kepanitiaan ini karena.. gatau kenapa aku merasa berkesan banget aja gitu, nyaman banget ada di kepanitiaan ini, beda sama kepanitiaan-kepanitiaan lainnya. Hahaha.

Semua berawal dari..

Lanjutkan membaca Belum Bisa Move On

Iklan

Diary KKN – Do Something

IMG_20170126_233542_504.jpg

Pepatah mengatakan “Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan padamu, tapi tanyalah pada dirimu apa yang telah kau berikan untuk negaramu”

Sekarang aku mengerti kenapa banyak volunteer-volunteer yang masih memilih tetap bertahan untuk mengajar atau memberikan pencerdasan-pencerdasan di pedalaman sana walau terkadang hak mereka banyak yang tidak terpenuhi dan gaji mereka tidak sebanyak yang ada di kota.

Kenapa? karena mereka Lanjutkan membaca Diary KKN – Do Something

Diary KKN – Papeda Cipulus Punya

IMG_8110.JPG

Dua hari yang lalu kita (Cipulus Squad) ada agenda untuk mengadakan penyuluhan kebersihan ke anak-anak TK Cipulus. Jarak dari homestay kita ke TK ga begitu jauh cukup dengan jalan kaki untuk kesananya. Kita melewati sebuah SD tuh dimana ya yang kita tau lah ya banyak gerobak-gerobak jajanan gitu kan, ada Lanjutkan membaca Diary KKN – Papeda Cipulus Punya

Diary KKN – Belajar Memberi

img_7956

“Jangan pernah sombong dengan ilmu yang kita miliki. KKN itu pada dasarnya kita yang seharusnya belajar dari masyarakat..”

Ah suka banget sama kata-kata diatas yang tak lain dan tidak bukan adalah nasehat dari DPL-ku waktu pembekalan KKN. Haha.

Jadi ceritanya, hari ini aku jalan-jalan ke kebun salah seorang warga. Niat awal kita sih cuma maen aja karena si-ibu udah ngajakin mulu dari kapan tau. Eh gatau nya kita malah disuruh bawa banyak banget sayuran kayak sawi, tomat, cabe ijo. Waduh. Banyak bet sampe kita bingung gimana ngebawa balik ke rumah KKN, haha. Lanjutkan membaca Diary KKN – Belajar Memberi

Jatinangor di Malam Tahun Baru

tumblr_o3haigfOrP1r1arpmo1_540.png

Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pada saat malam pergantian tahun. Yang biasanya akhir tahun dihabiskan dengan asik-asikan nonton Home Alone bareng keluarga, tahun ini ku di perantauan aja. Ya, di Jatinewyork tercinta. Bebagai macam urusan membuatku tertahan untuk tidak balik ke Solo. Tak apa, toh 2 minggu sebelumnya ku udah pulang selama 1 minggu di rumah. Haha.

Tapi emang sih kalau dari dulu-dulu sih ga ada perayaan khusus untuk menyambut tahun baru gitu. Biasa aja. Seperti malam-malam biasa, bedanya cuma banyak suara petasan dan kembang api yang mengganggu tidurku. Haha. Ya. Aku bukan tipe orang yang dateng ke tempat ramai buat nungguin waktu menunjukkan pukul 00.00. Ngapain? Toh di rumah lebih nyaman. Ehe.

Pertama kali ngerasain Jatinangor di akhir tahun. Sepi banget. Pantes aja Lanjutkan membaca Jatinangor di Malam Tahun Baru

Keyakinan yang Sempurna

Ah iya bener banget, aku juga pernah merasakan hal kayak gini. Jadi waktu itu duit di atm ku udah batas minimal banget sampe ngga bisa diambil lagi. Kayaknya waktu itu lagi banyak banget pengeluaran buat beli jaket-jaket dan another stuff organisasi gitu. Huft. Mau minta duit ortu, malu. Soalnya aku selama ini ngga pernah minta atau nanya udh di transfer atau belum, soalnya gengsi ga enakan gitu. Huhu. Biasanya ortu yang selalu ngabarin duluan kalo udah di transfer. Heu. ya gitu lah.

Trus kan duit abis banget tuh, aku bingung. “Aduh gimana ini, mana di kulkas kaga ada apa2 lagi hikz..” Tiba-tiba aku teringat sama kata-kata Sujiwo Tedjo yang bilang: “kalo takut nanti malem bisa makan atau nggak, sama aja itu menghina Tuhan”.

Mmm.. Rezeki itu sejatinya Allah yang ngatur. Jangan segan-segan untuk minta sama yang diatas. Umi Abi aku juga selalu bilang gini. “rejeki bisa dateng dari hal-hal yang tak kita sangka-sangka sebelumnya, mbak..”. Dan kata-kata itu masih terus ku yakini sampe detik ini.

Yaudah kan, pasrah weh. Allah tau apa yang ada di dalam hati para hamba-Nya, bukan?

Trus, ku menjalankan aktivitas seperti bia sa. Walau ketika keinget duit suka jadi jadi sedih wkwkw tapi yaudah deh pura-pura sibuk aja sampe lupa kalo dompet lagi kosong. Haha.

Eh? tau ga, tiba-tiba ku di telpon sama nomer tak dikenal gitu. Dia nge-sms nanyain aku ada di kampus atau nggak. Trus di grup kelas waktu itu juga pada nanyain “ada yang tau nomer Nuha? dicariin pak ——” waduh, hayoloh kenapa tuh. Eh, ternyata itu dari dosen aku. Beliau mau minta video profil jurusan yang pernah aku bikin pas jadi panitia ospek jurusan, soalnya mau ditayangin gitu ceunah ke para maba 2016. Yaudah kan, ku copy-in deh ke beliau. Biasanya kan kalo copy film mah tinggal copy paste aja kan, lah ini dibayar lah, padahal ini video singkat banget.

Trus beliau bilang dengan entengnya “nanti sms-in ke saya aja ya nomer rekeningmu, ini mau dikasih berapa buat video ini?” awalnya nolak gitu, soalnya emang itu video udah dari kapan tau dan kataku editannya juga biasa aja. Tapi beliau nya keukeuh, dengan alasan menghargai hak cipta orang. Yaudah deh. Iyain aja hehe. Walaupun duitnya nggak seberapa tapi alhamdulillah yah :’)

Kebetulan? I’m not sure. Pasti ini udah diatur sama Yang Diatas. Bukankah ini salah satu bukti bahwa Allah bisa ngasih rezeki dari cara yang ga pernah kita duga sebelumnya? Kalo dipikir-pikir, kok bisa gitu. Padahal itu video udah lamaaa banget, tapi siapa coba yang menggerakkan hati dosen ku buat inisiatif meng-copy video itu? kenapa ga video yang lain, atau cukup penjelasan singkat secara verbal gitu? Hmm.. Emang suka romantis Allah tuh ya kalo ngasih perhatian :’) terharu sumpah..

Dari situ ku makin yakin, “Jangan takut miskin ataupun kekurangan, jika kamu yakin bahwa kamu adalah hamba dari Yang Maha Kaya”

Hijaiyahku Menuju Allah

Setiap anak yang mondok dan ngekos, pasti pernah mengalami krisis keuangan. Termasuk saya. Bahkan ini adalah pengalaman krisis terparah yang pernah aku rasakan. Yuk monggo di simak :

Kondisi finansialku saat itu benar-benar mengejutkan. Ya, mengejutkan angkanya. Kusadari banyak pengeluaran yang sangat boros dan tidak menyimpan sepeser sedikitpun. Karena biasanya setelah mendapat transferan, aku pasti menyimpan sekitar 1/3 dari yang kudapatkan untuk cadangan. Tetapi kali itu aku benar-benar lalai sekali.

Maka yang terjadi uangku habis pada tanggal-tanggal belasan. Sebenarnya kejadian kalau uang habis sebelum tanggalnya bisa saja telpon minta untuk di transfer lagi karena ternyata ada pengeluaran di luar anggaran. Tetapi lama kelamaan aku merasa malu untuk meminta kepada orang tua. Ya, sejak aku mengetahui hadist nabi tentang orang yang suka meminta-minta nantinya tak akan tersisa sedikitpun daging di wajahnya di hari akhir nanti. Naudzubillah. Ku tahan untuk tidak meminta ataupun mengadu dengan siapapun.

Malu ini juga karena aku malu…

Lihat pos aslinya 328 kata lagi

Semoga Itu Kamu

S_5412062523677.jpg

Iman itu kayak lilin. Terkadang bisa redup kadang bisa terang banget juga. Tergantung kualitas dari lilin tersebut. Dan lilin pun gabisa bertahan sendirian. Terkadang dia butuh sesuatu yang bisa melindungi dirinya dan menjaga agar apinya terus menyala.

Sama kayak kita. Iman kita tuh naik-turun. Godaan yang datang silih berganti, menguji seberapa tahan diri kita terhadap cobaan-cobaan yang selalu hadir menguji kualitas keimanan kita.

Sama kaya lilin, kita ga bisa sok kuat berdiri sendiri. Merasa mampu buat menghadapi segala proses kehidupan ini sendirian. Merasa ilmu-ilmu yang kita punyai adalah segalanya. Padahal kita tau kalo hati itu sifatnya labil, gampang dibolak-balik gimana Allah berkehendak. Lanjutkan membaca Semoga Itu Kamu

Tentang Amanah

dari-keputrian

Amanah.

Ia datang begitu saja tanpa peduli kita siap atau tidak. Amanah akan mendekat kepada sesiapa yang dirasa mampu untuk memikulnya. Seseorang yang menyadari akan beratnya sebuah amanah dan menyadari bahwa apa yang kita pimpin itu kelak akan diminta dipertanggungjawabannya, tentunya tidak pernah berharap sedikitpun untuk mendapatkan amanah tersebut. Karena idealnya amanah itu diberi, bukan diminta. Biarkan amanah yang memilih kepada siapa ia bersandar.

Percayalah, amanah tidak pernah salah pundak. Ada maksud dibalik setiap amanah yang diembankan kepada kita. Allah ingin melihat seberapa kesungguhan kita. Melalui amanah keimanan kita diuji. Apakah makin mendekatkan dirimu padaNya ataukah Lanjutkan membaca Tentang Amanah

Merasa (Kerja) Sendirian

tumblr_oewbn0dcua1v549ruo1_500

Ah.. Isya-isya gini masih nongkrong di Selasar kampus duduk cantik di depan laptop kesayangan sambil menatap to-do-list yang  banyak banget dan udah mendesak meminta untuk segera dikelarin. Heu. Lagi ga mood. Toh ini juga lagi ujan deres. Enaknya sih menikmati hujan sambil mikir sesuatu yang lebih berfaeda. Yea.

Aku mau berbagi sesuatu. Entah kenapa aku teringat akan sebuh voice note dari seseorang yang selalu menginspirasiku. Vn itu dikirimnya ketika aku meminta nasehat darinya tentang permasalahan yang sedang membombardir diriku. Ah nggak deng, Akunya aja yang lagi lemah kayak yupi. Aku ga mau panjang lebar merangkai kata-kata, ku

Lanjutkan membaca Merasa (Kerja) Sendirian

Surat Untuk Adik

S_5064696936038ii.jpg

Teruntuk adikku yang sedang berjuang..

3 hari yang lalu kamu text aku via WhatsApp. Nggak seperti biasanya. Kamu jarang curhat sama aku. Haha. Tapi nggak papa. Aku tetep seneng. Waktu itu kamu bilang kalo kamu lagi sedih banget ketika usaha keras yang udah kamu lakuin dan kamu perjuangin malah menghasilkan kekecewaan. Kamu bilang “ah tau gitu aku nggak usah nyoba dari awal daripada bikin sedih gini.

Bita..

Ketika Allah nggak kasih kamu sesuatu yang kamu inginkan, percayalah Dia sedang siapkan yang lebih Lanjutkan membaca Surat Untuk Adik