Daily Insight · Menjadi Dewasa

Biar Tetep Waras: Nostalgia

Kamu harus tau kalo hal terimpulsif yang aku lakukan hari ini adalah tiba-tiba beli pensil warna. Nggak ada angin dan nggak ada hujan, tadi pas belanja bulanan di Borma lagi liat bagian alat tulis, langsung kepikiran buat beli pensil warna. Pembenaran yang dipake saat itu sih bilang ke diri sendiri buat self-healing sama buat rileks-in pikiran, katanya. Wkwkw padahal mah ya karena impulsif aja. Ckckck.

Salah satu hal yang aku suka dari hari Minggu adalah itu waktunya aku me-time. Ketika hari Sabtu banyak digunakan untuk ngelakuin pertemuan-pertemuan virtual baik acara ngaji, ngisi materi, atau sekedar diskusi, nah dengan hadirnya hari Minggu adalah hari dimana aku bebas melakukan apapun yang aku mau. Biasanya sih suka ngalakuin bodycare kayak maskeran, luluran, creambath dan juga kosan-care (alias menjadi Inem) kayak beberes kamar, nyuci baju, lipet baju, seterika baju, food-prep, masak, nonton film/yutub. Namun berhubung hari ini abis beli barang baru (cielah), jadinya me-time nya nambah lagi jadi gambar-gambar dan mewarnai yang hasilnya bisa kamu liat di foto di atas. Xixixi. Gimana? Gambarku bagus nggak? Hahaha. Asli, pas hari ini ngegambar tuh aku happy banget rasanya kayak kembali ke jaman bocil. Senyum-senyum sendiri kek orang gila wkwk. Vibes ini sih yang aku suka tiap kali nostalgia masa lalu. Hahaha.

Ngomong-ngomong tentang nostalgia, ga tau ya, entah kenapa satu minggu ke belakang ini aku lagi banyak melakukan nostalgia jaman sekolah. Tiba-tiba kepikiran aja gitu buat bongkar-bongkarin harddisk yang isinya foto-foto lama. Menertawakan kebobrokan dan keburikan diri ini di masa lalu. Menertawakan gimana diri ini di masa lalu yang bahagia terus karena belum mengenal kehidupan orang dewasa yang sangat berat apa-apa dipikirin.

Karena anaknya nggak pengen nostalgia sendiri, yang kulakukan selanjutnya adalah ngirimin foto-foto jadul yang penuh aib dan kocak2 ke temen-temenku. It was so fun yet bikin ngakak bet asli. Dan dari bongkar-bongkar foto itu aku baru inget kalo ternyata aku pernah deket banget sama temen yang mungkin sekarang udah jarang kontakan lagi. Huhu sedih sih. Tapi dari foto-foto itu aku jadi punya ‘bukti otentik’ yang bikin aku inget detik demi detik kejadian yang terjadi saat itu. Inilah yang bikin aku sampe hari ini suka jepret momen apapun, karena aku nggak pengen di masa depan aku lupa sama momen itu.

Aku berterima kasih sama Nuha masa lalu yang udah ngerapiin drive galeri ini. Jadi gampang kalo mau nyari momen tuh. Huhuhu. Dan ini ngerapiin folder foto kayak ini masih aku lakuin sampe hari ini. Mau bikin legacy buat masa depan akuu :’)

Gara-gara ini juga aku jadi belajar jadi paham kalo dengan nostalgia tuh kita bisa dapet banyak banget manfaat apalagi dalam hal menjaga mental kita agar tetap waras. Kemarin aku baca di artikel The Conversation dimana dengan kita mengingat masa lalu kita saat masih remaja tuh bikin kita jadi ada semacam keterikatan dengan identitas kita hari ini.

Recalling or “retrieving” events from our long-term memory also is motivated. By motivated we mean that remembering some events but not others serves a psychological purpose. We tend to remember events from the past that are consistent with how we want to see ourselves now. Our sense of identity and memories are completely intertwined.

– The Conversation

Di artikel itu dia juga bilang kalo seringkali kenangan yang membekas di ingatan kita adalah kenangan-kenangan positif. Banyak peneliti yang menilai ini tuh disebabkan karena dari tahun ke tahun sebenernya kita sedang membentuk identitas seumur hidup yang stabil dan pikiran kita cenderung memasukkan dan nge-password kenangan-kenangan positif kedalam ingatan jangka panjang.. Makanya nggak heran kalo yang kita inget tentang diri kita di masa lalu adalah sisi sisi yang optimis dan positifnya aja, bukan yang negatif. Which is ini bagus buat ngejaga mental kita hari ini agar tetep sehat.

Kadang banyak orang yang enggan untuk mengingat masa lalu hanya karena katanya mau fokus aja apa yang ada sekarang dan di masa depan. Kalo menurutku pribadi, selama nggak keseringan ngeliat masa lalu sih nggak papa. Tapi selama ini aku lebih suka ngeliat masa lalu menjadi pemacu dan pengingat diri untuk terus mempertahankan dan nggak meninggalkan apa-apa yang udah dimulai atau dilakukan di masa lalu. Selain itu juga untuk menjadi pengingat diri untuk jangan terlalu keras sama diri sendiri dan bisa mengapresiasi diri sendiri karena udah bertahan dan terus melangkah sejauh ini. Kadang aku bisa berkaca-kaca dan baper kalo liat foto di masa lalu, rasanya dia seolah-olah bilang sama aku, “Aku bangga sama kamu dan atas apa yang kamu lakukan hari ini. Makasih ya..”

Huhuhu nangis.

Itu sih sensasi yang aku rasain dengan mengingat masa lalu. Apalagi kalo lagi dalam kondisi down atau kurang motivasi, nostalgia masa lalu bener-bener bisa bikin bangkit. Aku selama ini ngerasa kalo ngebandingin diri kita dengan oranglain tuh nggak apple to apple, makanya aku ngerasa paling adil ya ngebandingin diri sendiri hari ini sama diri kita di masa lalu. Paling nampar dan bikin jleb. HAHAHA.

“Dulu aja bisa gampang bahagia kayak gitu, kok sekarang jarang?”
“Dulu aja bisa seambis itu, masa sekarang nggak bisa termotivasi sih?” dll dsb

Yaa begitulah bund cara aku memotivasi diri. Dengan kembali ke masa lalu atau memproyeksikan diri ini di masa depan.

Dah, gitu aja yang mau aku share. Semoga bermanfaat yaa. Kalo nggak bermanfaat yawdalaya~

Bandung, 20 Juni 2021, 17.00 WIB
Dari aku yang lagi kedinginan karena Bandung ujan terus tiap hari. Hadeuuh.

Tinggalkan komentar